Welcome to Spider Share Blog

Selamat datang di Spider Share Blog.
Blog ini akan segera berpindah ke
Mohon kunjungannya ke blog saya yang baru. Dan Jangn lupa di-follow ya.. :)

Hermawan Abdillah

Headlines

Spider Share dot Info

↑ Grab this Headline Animator

Sunday, September 5, 2010

Nenek Moyangku Seorang Pelaut.

0 comments

Ni ada tulisan artikel dari guru SMA saya berjudul "Nenek Moyangku Seorang Pelaut"

Nenek Moyangku Seorang Pelaut. 

Saya tidak tahu untuk siapa lagu ini diciptakan, dan lebih tidak tahu lagi mengapa tidak ada lagu Nenek Moyangku Seorang Petani, Pedagang atau Pegawai. Tetapi disini bukan tempatnya kita berembuk tentang itu, apalagi membuka perdebatan. Lagi pula bukan itu maksud tulisan ini dibuat. Tanpa bermaksud memposisikan suatu profesi, tulisan ini hanyalah sebagai tambahan renungan buat menambah ruang pendekatan dalam membelajarkan diri kita terlebih kepada siswa .

PELAUT : Masyarakat yang Beruntung. Pelaut terbiasa dengan spekulasi tanpa perencanaan yang “njelimet” dan panjang apalagi analisis SWAT, tinggal siapkan perangkat, lihat cuaca, berangkat sore pulang pagi dengan sekeranjang ikan segar. Dijual ke pasar lalu minum-minum di kedai kopi. Nanti kalau kantong terasa kurang berangkat lagi. Tidak pernah seorang pelaut memberi makan ikan dilaut apalagi menebar benihnya terlebih memelihara laut, tiba-tiba saja mereka panen. Paling sialnya tangkapan mereka sedikit, tetapi mereka tidak merasa rugi, karena tidak modal, waktu dan tenaga yang telah dikorbankan. “Besok kita pasti dapat banyak” katanya. Bukan berpikir bagaimana prosesnya supaya dapat banyak.



PETANI : Masyarakat yang Bekerja. Petani tidak mengenal spekulasi, semua harus diperhitungkan, dana, waktu , lahan, cuaca, pasar dan sekelompok masalah lainya, dari mulai benih sampai pemasaran. Bahkan analisis SWAT saja tidak cukup, bahkan walaupun petani sudah merencanakan sagala sesuatunya dengan matang, merekapun masih berharap adanya keberuntungan. Tanpa itu semua maka tidak mungkin panen dengan hasil yang baik. Gampangnya petani harus merencanakan dengan baik, memelihara dengan baik, dan panen sesuai waktunya, barulah akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan semua itu berlangsung dalam jangka waktu minimal 3 – 6 bulan.



Nah sekarang kita bisa mengaku, kita keturunan siapa, murid-murid kita keturunan siapa. Hal ini akan nampak dari cara hidup masyarakat kita dan sangat erat kaitanya dengan cara belajar masyarakat (baca: siswa) kita, dan tentunya kita harus siap-siap dengan metode yang jitu untuk membelajarkan kedua garis keturunan yang sangat berbeda tersebut.

Sumber : http://galang-artscom.page.tl/

Setelah membaca, Mohon Post-kan komentar Terima Kasih


Leave a Reply

Sahabat

My Community

logo htc Kaskus Blogger Community bloggersumut.net

Statistik Blog

SEO Stats powered by MyPagerank.Net